Tuesday, April 20, 2010

Nemu tool helpful nih: Exposure Digital Wheel

Udah lama ndak pegang kamera SLR, tiba-tiba jadi inget ama kebingungan kalo lagi jepret-jepret. Biasanya aku agak kagok kalo lagi ngatur speed dan eksposure plus ISO dan white balance.

Selain di kamera SLR, fitur ini juga ada di kamera poket yang ada pengaturan PASM alias Program Aperture Speed Manual.

Dari baca kanan kiri dan keseringan pegang, akhirnya lebih banyak ngandalin feeling dan sedikit di luar kepala. Uthak athik gathuk lah, kalo pake aperture besar misal F2,8, speed-nya tinggi kira 1/250 ke atas. Kalo masih under atau meleset, ya diatur lagee :D garing dah...



Itupun masih ada variabel pasokan cahaya dan lokasi: indoor atau outdoor, pake blitz internal atau tidak. Belum lagi kalau bawa blitz tambahan yang nangkring di atas body kamera.

Kalo lagi anteng sih bisa mikirnya lama, tapi kalo lagi di tempat liputan atau yang sedikit crowded alias rame, ngatur Aperture dan Speed jadi mesti cepet. Balik-balik lagi ya feeling qe3

Nah dari jalan-jalan di sini , ketemulah alat bantu yang namanya Exposure Digital Wheel, di situsnya tertulis Developed by Ken Milburn and DesignMentor Training.

















Enaknya nih kita bisa belajar sekaligus ngasah logika plus feeling pengaturan kamera. Di sini, kita bisa berlatih macem-macem variabel menggunakan opsi putar kayak roda. Dari Aperture dan Speed tadi, juga ISO, dan kondisi pencahayaan yang dipengaruhi cuaca.

Sejatinya, program ini bisa didownload cuman kita mesti register dulu sebagai murid di sini. Paling enggak, kita bisa berlatih secara on line atau daring. Lumayan!

Oya, situs ini, DesignMentor Training, emang semacam sekolah online bidang desain dan web termasuk fotografi :)

Kalo ikutan yang kelas desain, kita bakal langsung 'one and one contact' ama instrukturnya dan yang bikin roda eksposure ini: omm Ken Milburn :)

No comments:

Post a Comment